Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bingung, Nilai tugas online siswa 100 semua, 4 cara mengetahui kemampuan siswa sebenarnya

Bingung, Nilai tugas online siswa 100 semua, 4 cara mengetahui kemampuan siswa sebenarnya.









Guru selama pelaksanaan Pembelajaran jarak Jauh (PJJ), banyak dibuat bingung lantaran nilai tugas siswa selalu 100 dan tulisannya bagus-bagus, hal ini memunculkan prasangka dan praduka bermacam-macam, mulai anggapan bahwa anak-anak sekarang pintar-pintar dan tulisannya bagus-bagus, namun ada juga yang berfikir bahwa selama ini yang mengerjakan tugas bukan siswa melainkan orang lain mungkin kakaknya tau bahkan orang tuanya.

Lantas bagaimana cara mengetahui kemampuan anak sebenarnya, berikut kami berikan tips cara mengetahui kemampuan anak sebenarnya jika bapak ibu tidak pernah tatap muka langsung dengan siswa saat mereka mengerjakan tugas. Berikut ulasannya.

Cara pertama

Cara mengetahui kemampuan membaca siswa selama PJJ

Untuk mengetahui cara ini, memang bapak ibu harus menyimak langsung, namun jika hal tersebut tidak bisa dilakukan bapak ibu guru dapat melakukan 2 hal berikut ini: pertama minta anak membaca saat kita melakukan tatap muka maya, baik melaui zoom meeting maupun video call via WA atau Messenger facebook. Jika hal ini tidak bisa dilakukan bapak ibu masih punya satu cara lagi yaitu minta orang tuanya merekam saat mereka membaca tugas, dan mengirim videonya melalui WhatsApp (WA) bapak ibu guru. Dengan demikian biasanya kemampuan anak terditeksi dari ketepatan membacanya.

Semoga kemampuan membaca anak menjadi salah satu pertimbangan untuk mempertimbangkan pemetaan kemampuan anak, lalu bagaimana kemampuan menulisnya. Bapak Ibu guru dapat menggunakan cara kedua.

Cara kedua

Cara mengetahui kemampuan menulis siswa selama PJJ

Untuk mengetahui kemampuan menulisnya bapak ibu bisa melakukan sebagaimana cara pertama yaitu dengan meminta mereka menunjukkan menuliskan kata-kata sederhana saat video call atau membuat rekamannya, lalu bandingkan dengan tugas yang selama ini diberikan, jika terdapat perbedaan yang sangat mencolok dari bentuk tulisan huruf a dan n, maka dapat dipastikan bukan siswa yang menulis atau mengerjakan, kenapa ceknya huruf a dan n, karena huruf a dan n paling banyak digunakan saat menulis dan huruf lain juga menupakan turunan dari kedua huruf tersebut. kajian ini akan kita bahas di postingan lain.

Cara ketiga 

Mengetahui kemampuan menghitung  siswa selama PJJ

Kemampuan menghitung akan berpengaruh pada kemampuan menalar, baik hitungan penjumlahan, pengurangan, perkalian maupun pembagian, apalagi jika sudah dimasukkan ke dalam aplikasi rumus-rumus pemecahan masalah tentu kemampuan ini sangat diperlukan, berikut ini cara yang dapat bapak ibu guru lakukan untuk mengetahui kemampuan menghitung siswa, dalam kondisi video call bapak ibu bisa langsung bertanya tentang penjumlahan, pengurangan atau perkalian bahkan pembagian, namun jika hal itu tidak bisa dilakukan bapak ibu bisa meminta mereka mengerjakan tugas penjumlahan dan pengurangan sederhana dan lihat berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan satu atau dua soal, hal ini akanmencerminkan kemampuan menghitung dan lainnya.

Cara keempat (penuh resiko)

Jika sudah kondisi seperti sekarang, cara pertama sampai ke tiga belum bisa dilakukan hal terakhir adalah bapak ibu meminta datang ke sekolah per orangan atau per kelompok kecil untuk diuji secara khusus di sekolah, namun hal ini perlu pengawasan yang ketat untuk protocol kesehatan, jangan sampai ketahuan gugus depan covid-19, itu akan menjadi masalah.

Demikianlah empat cara mengetahui kemampuan siswa menurut cara mudah, semoga bermanfaat. Bagi bapak ibu yang mempunyai tips atau cara lain silakan tulis di komentar sebagai tambahan pengetahuan buat kita semua.

Semoga bermanfaat.




1 komentar untuk "Bingung, Nilai tugas online siswa 100 semua, 4 cara mengetahui kemampuan siswa sebenarnya"

  1. saran yang bagus, ini juga patut diketahui oleh orang tua murid.

    BalasHapus

Silakan berkomentar yang santun