Bingung, Nilai tugas online siswa 100 semua, 4 cara mengetahui kemampuan siswa sebenarnya
Bingung, Nilai tugas online siswa 100 semua, 4 cara mengetahui kemampuan siswa sebenarnya.
Guru selama pelaksanaan Pembelajaran jarak Jauh (PJJ), banyak
dibuat bingung lantaran nilai tugas siswa selalu 100 dan tulisannya
bagus-bagus, hal ini memunculkan prasangka dan praduka bermacam-macam, mulai
anggapan bahwa anak-anak sekarang pintar-pintar dan tulisannya bagus-bagus,
namun ada juga yang berfikir bahwa selama ini yang mengerjakan tugas bukan
siswa melainkan orang lain mungkin kakaknya tau bahkan orang tuanya.
Lantas bagaimana cara mengetahui kemampuan anak sebenarnya,
berikut kami berikan tips cara mengetahui kemampuan anak sebenarnya jika bapak
ibu tidak pernah tatap muka langsung dengan siswa saat mereka mengerjakan tugas.
Berikut ulasannya.
Cara pertama
Cara mengetahui kemampuan membaca siswa selama PJJ
Untuk mengetahui cara ini, memang bapak ibu harus menyimak langsung, namun jika hal tersebut tidak bisa dilakukan bapak ibu guru dapat melakukan 2 hal berikut ini: pertama minta anak membaca saat kita melakukan tatap muka maya, baik melaui zoom meeting maupun video call via WA atau Messenger facebook. Jika hal ini tidak bisa dilakukan bapak ibu masih punya satu cara lagi yaitu minta orang tuanya merekam saat mereka membaca tugas, dan mengirim videonya melalui WhatsApp (WA) bapak ibu guru. Dengan demikian biasanya kemampuan anak terditeksi dari ketepatan membacanya.
Semoga kemampuan membaca anak menjadi salah satu pertimbangan untuk mempertimbangkan pemetaan kemampuan anak, lalu bagaimana kemampuan menulisnya. Bapak Ibu guru dapat menggunakan cara kedua.
Cara kedua
Cara mengetahui kemampuan menulis siswa selama PJJ
Untuk mengetahui kemampuan menulisnya bapak ibu bisa
melakukan sebagaimana cara pertama yaitu dengan meminta mereka menunjukkan
menuliskan kata-kata sederhana saat video call atau membuat rekamannya, lalu
bandingkan dengan tugas yang selama ini diberikan, jika terdapat perbedaan yang
sangat mencolok dari bentuk tulisan huruf a dan n, maka dapat dipastikan bukan
siswa yang menulis atau mengerjakan, kenapa ceknya huruf a dan n, karena huruf
a dan n paling banyak digunakan saat menulis dan huruf lain juga menupakan
turunan dari kedua huruf tersebut. kajian ini akan kita bahas di postingan
lain.
Cara ketiga
Mengetahui kemampuan menghitung siswa selama PJJ
Kemampuan menghitung akan berpengaruh pada kemampuan
menalar, baik hitungan penjumlahan, pengurangan, perkalian maupun pembagian,
apalagi jika sudah dimasukkan ke dalam aplikasi rumus-rumus pemecahan masalah
tentu kemampuan ini sangat diperlukan, berikut ini cara yang dapat bapak ibu
guru lakukan untuk mengetahui kemampuan menghitung siswa, dalam kondisi video
call bapak ibu bisa langsung bertanya tentang penjumlahan, pengurangan atau
perkalian bahkan pembagian, namun jika hal itu tidak bisa dilakukan bapak ibu
bisa meminta mereka mengerjakan tugas penjumlahan dan pengurangan sederhana dan
lihat berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan satu atau dua soal,
hal ini akanmencerminkan kemampuan menghitung dan lainnya.
Cara keempat (penuh resiko)
Jika sudah kondisi seperti sekarang, cara pertama sampai ke tiga belum bisa dilakukan hal terakhir adalah bapak ibu meminta datang ke sekolah per orangan atau per kelompok kecil untuk diuji secara khusus di sekolah, namun hal ini perlu pengawasan yang ketat untuk protocol kesehatan, jangan sampai ketahuan gugus depan covid-19, itu akan menjadi masalah.
Demikianlah empat cara mengetahui kemampuan siswa menurut
cara mudah, semoga bermanfaat. Bagi bapak ibu yang mempunyai tips atau cara
lain silakan tulis di komentar sebagai tambahan pengetahuan buat kita semua.
Semoga bermanfaat.
saran yang bagus, ini juga patut diketahui oleh orang tua murid.
BalasHapus