Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MENGISI NILAI RAPORT SEMESTER 1 (GANJIL) TAHUN PELAJARAN 2020/2021 MASA PENDEMI COVID 19

CARA MENGISI NILAI RAPORT SEMESTER 1 (GANJIL) TAHUN PELAJARAN 2020/2021 MASA PENDEMI COVID 19

Ada siswa yang gak pernah masuk, nilainya kosong, ada yang kadang-kadang masuk nilainya sebagian saja yang ada, tapi ada juga yang masuk terus dan nilainya juga lengkap, sudah dibantu paket tapi HP cuma satu dibawa orang tua, ada yang tidak ada jaringan di rumahnya, ada juga yang sibuk jaga adek karena orang tua sibuk cari kerjaan. ada juga yang tugasnya dikerjakan oleh kakak atau orang tuanya, lalu bagaimana ini?

Dalam kondisi seperti berbagai macam cara guru maupun sekolah mengambil tindakan, ada yang  langsung pakai nilai raport sebelum pandemi Covid-19, dengan pertimbangan nilai siswa tidak lengkap atau nilai siswa diragukan kejujurannya, ada yang memberi nilai ke siswa meskipun siswanya tidak pernah masuk dengan nilai standar baik paling rendah dan yang masuk diberi nilai lebih tinggi, ada juga yang memberi nilai apa adanya, karena menganggap bahwa yang belajar dan mengerjakan tugas harus dihargai dan yang tidak mengikuti harus menerima konsekuensinya.

Baiklah sebelum lebih lanjut apa yang kita lakukan, mungkin akan lebih bijaksana jika kita menilik terlebih dahulu, masalah-masalah dalam pelaksanaan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) atau Pembelajaran Online yang selama ini, kita lakukan, karena harus diakui masih terdapat banyak masalah dan keterbatasan, mulai dari akses siswa terhadap Internet dan juga kepemilikan Gawai (HP). harus diakui bahwa ada sebagian anak didik kita mempunyai nasib kurang beruntung baik dari segi ekonomi, sosial, geografis, budaya dan pendidikan orang tua. Hal ini mengakibatkan perbedaan tanggapan dan respon serta kepedulian terhadap kesuksesan PJJ yang dilakukan oleh Guru dan Sekolah.

Saat ini sekolah memang telah memberikan paket bantuan kuota, namun masalahnya ada siswa kita yang tidak terjangkau akses Internet atau tidak mempunyai HP, atau mungkin mempunyai HP namun dibawa orang tuanya bekerja.

UNTUK APA KITA MELAKUKAN PENILAIAN

Penilaian harusnya memberikan gambaran terhadap ketercapaian dari Kompetensi yang harus dikuasi oleh anak, namun masalahnya saat ini dengan kondisi Pandemi Covid-19 ini, penilaian yang kita lakukan mengalami berbagai kendala, mulai dari tidak terlayaninya siswa dalam proses pembelajaran, luputnya pengawasan guru terhadap proses pembelajaran dan kejujuran siswa dalam mengikuti ujian, sehingga dalam memberikan nilai di rapor kita perlu mempertimbangkan kondisi di sekolah kita masing-masing.

ALTERNATIF CARA PENILAIAN UNTUK MENGISI RAPOR SEMESTER I (GANJIL) TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Alternatif Pertama

Jika kondisi PJJ berjalan baik, semua siswa mengikuti pembelajaran baik dilakukan secara daring maupun luring, yang ditandai terpantaunya kehadiran, pelaksanaan pembelajaran, penyelesaian tugas dan evaluasi pembelajaran, maka gunakan nilai PJJ, baik Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS) maupun Penilaian Akhir Semester (PAS).

Alternatif Kedua

Jika pelaksanaan PJJ di sekolah bapak ibu guru, tidak berjalan dengan baik, hanya sebagian guru yang melakukan dan hanya sebagian siswa yang mengikuti, maka dianjurkan untuk menggunakan nilai PH, PAT dan PAS dari Nilai Raport sebelumnya yang diambil dari Rapor sebelum masa Pandemi.

Alternatif Ketiga

Jika pelaksanaan PJJ di sekolah bapk ibu guru berjalan dengan kondisi, semua guru melakukan PJJ, secara terjadwal dan dipantau pelaksanaannya, guru melakukan proses pembelajaran, memberikan tugas dan melakukan pengambilan nilai atau melaksanakan evaluasi, namun terdapat beberapa siswa yang tidak mengikuti PJJ yang julahnya kurang dari 25%, maka alternatif ketiga ini mungkin lebih tepat digunakan yaitu dengan melakukan kolaborasi penilaian, dimana bagi siswa yang mengikuti PJJ diberikan nilai rapot sesuai dengan perolehan saat PJJ dengan ketentuan jika nilai PJJnya lebih baik dari pada nilainya pada saat sebelum pandemi, jika nilainya lebih rendah, maka diambil nilai sebelum pandemi. kemudian bagi siswa yang tidak mempunyai nilai maka diambilkan nilai dari nilai sebelum pandemi.

PENTING UNTUK DILAKUKAN

Pada saat pembagian rapot/penyerahan Raport atau Laporan Hasil Belajar harus dijelaskan bahwa nilai raport siswa diperoleh dari mana, apakah murni nilai PJJ, atau Penambahan PJJ dan Nilai sebelum PJJ atau Murni nilai Raport sebelum PJJ. mengapa hal ini penting dilakukan agar siswa dan orang tua faham, sumber nilai rapor, jika dirasa perlu, wali kelas boleh menambah catatan di raport.

Pada saat serah terima tetap mengedepankan protokol kesehatan, sekaligus menggali informasi terutama kepada siswa yang tidak pernah mengikuti PJJ dan siswa yang tidak rutin mengikuti PJJ sebagai bahan evaluasi dan perbaikan di semester berikutnya.


Semoga Tulisan ini bermanfaat.


Posting Komentar untuk "CARA MENGISI NILAI RAPORT SEMESTER 1 (GANJIL) TAHUN PELAJARAN 2020/2021 MASA PENDEMI COVID 19"