Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kurikulum Baru 2022 | Ringkasan Kurikulum Merdeka, Detail dan Lengkap Auto Paham

Kurikulum Baru 2022

Pada postingan ini admin akan membahas tentang kurikulum baru, yaitu kurikulum Merdeka. Akan dikupas tuntas dengan ringkas agar sobat mudah memahaminya untuk itu sangat disarankan membaca secara lengkap postingan ini dari awal sampai akhir supaya kita memiliki pemahaman yang utuh tentang kurikulum ini sehingga implementasinya nanti dapat berjalan secara maksimal bermanfaat untuk anak didik kita.

Nama Kurikulum Baru 2022 dan Penerapannya

kita awali dari nama kurikulum ini, ada banyak sekali penyebutan namanya Tapi kemarin hari Jumat tanggal 11 Februari secara tidak langsung Bapak menteri menyatakan bahwa kurikulum ini namanya adalah kurikulum Merdeka.

Sebelumnya ada banyak menyebut kurikulum Prototype ini tidak ada salahnya karena secara linimasa memang kurikulum ini bisa dikatakan sebagai kurikulum portotipe.

Sebuah perusahaan ketika memiliki sebuah ide atau gagasan tentang sebuah produk mereka tidak akan langsung memproduksi secara massal masih limited edition yang diproduksi hanya untuk kalangan tertentu kemudian nanti Setelah diuji kualitas diuji public baru perusahaan itu akan memproduksi barang tersebut secara massal yang bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Perjalanan kurikulum ini Bapak Ibu tidak langsung diterapkan di semua satuan pendidikan masih bertahap dimulai tahun kemarin tahun 2021 masih diterapkan hanya di sekolah penggerak yang jumlahnya ada 2.500 serta SMK pusat keunggulan yang jumlahnya ada 901 yang tersebar di seluruh Nusantara.

Tahun 2022 tahun ajaran yang akan datang kurikulum Ini juga masih belum menjadi kewajiban masih menjadi salah satu opsi yang bisa dipilih oleh satuan pendidikan ada tiga pilihan boleh tetap memakai kurikulum 2013 atau boleh memakai kurikulum darurat atau yang ketiga boleh memakai kurikulum baru ini.

semua diserahkan ke sekolah mana yang terbaik silahkan dipilih dan nanti pada puncaknya tahun 2024 setelah adanya evaluasi maka pemerintah baru akan menentukan kebijakan resmi kurikulum apa yang akan dipakai di Indonesia.

Ketika sekolah bapak ibu memutuskan untuk mengadopsi kurikulum Merdeka ini pun masih ada pilihannya masih bisa dipilih karena ada tiga tahap nanti Bapak Ibu bisa memilih yang pertama tahun pertama pelatihan dulu memahami dulu kemudian nanti tahun kedua baru penerapan silahkan atau yang kedua pelatihan sekaligus penerapan ditahun pertama silahkan belajar sambil sambil praktek silakan tapi masih kompleksitas yang sederhana atau yang ketiga pada tahun pertama pelatihan sekaligus penerapan dengan kompleksitas yang sedang.

apa maksud kompleksitas dasar kompleksitas sedang nanti akan kami jelaskan yang jelas pada tahun pertama nanti ketika sekolah bapak ibu ingin menerapkan kurikulum Merdeka ini hanya diberlakukan di kelas 1 dan 4 SD kelas 7 SMP dan kelas 10 SMA.

tadi kita bicara tentang kompleksitas, kompleksitas penerapan kurikulumini ada empat Baik nanti juga boleh dipilih lagi yang pertama namanya:

Kompleksitas sederhana

lebihnya dalam pelaksanaan kurikulum Merdeka nanti Bapak Ibu mengikuti contoh yang sudah disediakan oleh pemerintah secara total jadi ketika pemerintah menerapkan kurikulum ini tidak lepas tangan nanti akan dipersiapkan segala sesuatunya dipersiapkan segala komponennya Bagaimana modul ajar nya bagaimana asesmennya Bagaimana merancang proyeknya nadi sudah disiapkan semua data sederhana ini kita memakai contoh secara total 100% apa yang sudah disediakan oleh pemerintah.

Kompleksitas dasar

Contoh yang sudah ada dimodifikasi oleh Bapak Ibu dimodifikasi oleh satuan pendidikan Bapak Ibu disesuaikan dengan kondisi sekolah disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik masing-masing 

Kompleksitas sedang

Maksudnya ketika SDM sekolah bapak ibu sudah mampu makan nanti sudah tidak butuh contoh lagi sudah untuk mengembangkan kurikulum sesuai konteks sekolah masing-masing dengan melibatkan masyarakat secara terbatas.

Kompleksitas Tinggi

Kalau masyarakat secara luas namanya kompleksitas tinggi yaitu mengembangkan kurikulum sesuai konteks sekolah dengan melibatkan warga sekolah dan masyarakat secara luas.

Jadi ujung-ujungnya nanti harapan pemerintah adalah bagaimana setiap satuan pendidikan itu mampu berinovasi mampu berkreatifitas menciptakan keunikan-keunikan menciptakan ciri khas satuan pendidikan masing-masing jadi jangankan antar 1 sekolah dengan sekolah di provinsi yang lain satu sekolah dengan tetangga sekolahnya saja nanti bisa berbeda tergantung keunikan yang diciptakan.

Apa pengertian profil pelajar Pancasila?

Kalau kita lihat di bagian ini bisa kita simpulkan bahwasanya untuk mencapai tujuan pendidikan nasional jurnal salah satu indikatornya adalah terciptanya para pelajar yang memiliki profil Pancasila nanti profil pelajar Pancasila akan kita bahas di postingan tersendiri supaya kita memiliki pemahaman yang utuh tentang ini yang jelas nanti profil dari profil pelajar Pancasila nanti akan diturunkan menjadi standar kompetensi lulusan kemudian diturunkan lagi menjadi standar-standar yang lain seperti yang telah kita ketahui kita lanjut.

Assesment Diagnostik

ada istilah baru namanya assessment diagnostik kalau di Kurikulum 2013 kemarin kita melakukan penilaian itu di akhir setelah anak kita aja kita melakukan penilaian melakukan evaluasi tapi di kurikulum baru nanti tidak hanya di akhir Bapak Ibu kita juga melaksanakan asesmen pra pembelajaran namanya assessment diagnostik Hai ibarat kita mau berobat ke dokter dokter tidak serta-merta langsung nyontek langsung ngasih obat tapi kita diperiksa dulu apa-apa keluhan kita apa yang kita rasakan apa yang kita butuhkan kemudian baru setelah hasil diagnosa tadi baru dokter akan melakukan tindakan kita sebagai guru juga dituntut seperti itu tidak langsung mengajarkan materi harus tahu dulu yang dibutuhkan siswa itu sebenarnya apa dari capaian pembelajaran yang ada ini anak sudah siap belum apa kekurangan siswa Apa kelebihan siswa bagaimana gaya belajarnya Bagaimana motivasinya itu nanti akan kita nilai sehingga penilaian diagnostik nya ada dua kognitif dan nonmagnetic.

Penilaian ini tidak susah Bapak Ibu segala sesuatu memang awalnya kelihatan susah tapi nanti kalau kita sudah laksanakan maka kita akan tahu manfaatnya kita akan semakin semangat dalam mendidik anak kita.

Apakah Kurikulum Merdeka ini bukan pengganti kurikulum 2013?

Jawabannya bukan tapi sifatnya justru adalah melanjutkan dan memperkuat kurikulum 2013 dan juga kurikulum kurikulum terdahulu apa yang dilanjutkan apa yang diperkuat.

Tiga hal yang diperkuat dalam Kurikulum Merdeka

Orientasi Holistik

Pertama kurikulum ini masih berorientasi holistik artinya yang ditumbuhkembangkan ke anak itu bukan hanya ranah kognitif siswa tapi menyeluruh ada sosialnya ada emosionalnya dan juga ada spiritualnya kita mendidik anak itu lahir dan batinnya sebenarnya ini juga dilakukan dalam kurikulum 2013 makanya kemarin kalau kita mengadakan penilaian itu kan ada nilai pengetahuan ada nilai sikap ada nilai keterampilan tapi ketiganya itu belum muncul secara signifikan Kadang hanya malah sebatas formalitas yang kita Tuliskan di raport sehingga di kurikulum baru ini akan diperkuat dengan adanya pembelajaran berbasis proyek. yang paling unik pembelajaran berbasis proyek ini nanti akan masuk di struktur kurikulum artinya begini Bapak Ibu misalkan matematika dalam seminggu itu empat jam yang tiga jam itu pembelajaran klasikal di kelas seperti biasa Kemudian yang satu jam dialokasikan untuk proyek setiap pelajaran nanti ada alokasi untuk proyek nanti bisa kita simak di kerangka kurikulum yang sudah beredar nanti juga akan kami bahas diartikel berikutnya dan sifat-nya proyek ini nanti kolaborasi antar Mapel bisa matematika dengan fisika matematika dengan ekonomi atau pelajaran apapun yang penting ada relevansinya dan yang paling menarik adalah proyek ini nanti yang dinilai itu bukan hasilnya bukan produk yang dihasilkan oleh siswa tapi prosesnya Bagaimana anak menjalankan proyek tersebut bagaimana mereka bekerjasama bagaimana mereka mengungkapkan pendapat Bagaimana tanggung jawab mereka bagaimana mereka memecahkan sebuah masalah itu nantinya akan kita nilai nanti pedomannya ada dari pemerintah.

Nah untuk lebih jelasnya tentang pembelajaran berbasis proyek ini bagaimana temanya tahapannya jadwalnya bagaimana kita mengelolanya Bagaimanakah kita menilainya bagaimana contoh nyatanya nanti akan kami buatkan artikel tersendiri kalau dibahas Disini Nanti puanjang Bapak Ibu.

Berbasis Kompetensi

Kurikulum ini masih berbasis kompetensi bukan konten atau bukan materi artinya kurikulum yang disusun ini berdasarkan kompetensi yang ingin ditumbuhkan pada siswa bukan tentang keluasan materi bukan tentang banyaknya materi yang diajarkan guru melainkan Apa yang bisa dilakukan siswa dengan materi tersebut Bagaimana manfaatnya terhadap kehidupan nyata itulah nanti yang akan ditekankan di kurikulum ini.

Salah satu hasil evaluasi dari Kurikulum 2013 adalah terlalu banyaknya materi yang diajarkan para guru dituntut untuk kejar tayang untuk menghabiskan materi dalam waktu tertentu sehingga Kita terpaksa hanya memakai metode itu-itu saja hanya ceramah kita tidak bisa leluasa untuk menerapkan banyak metode dan banyak model pembelajaran.

Bagaimana mungkin kita menerapkan metode inquiry misal padahal waktu itu membutuhkan waktu yang cukup banyak sehingga Kita terpaksa memakai model ceramah sehingga pembelajaran kurang begitu menarik anak-anak menjadi bosan Semangat belajarnya turun bahkan capaian pembelajarannya pun kurang maksimal makanya di kurikulum baru ini nanti akan diperkuat dengan fokus materi esensial materi tidak usah banyak yang penting anak itu bisa melatih literasinya dan hasilnya zaman sekarang anak itu bisa memperoleh materi cukup mudah lewat internet lewat Google lewat YouTube itu Yang penting kan Bagaimana anak bisa memahami apa yang dilihat apa yang ditonton ya itu nantinya akan ditekankan.

Kontekstual

Kontekstualisasi, Budaya kontekstualisasi artinya penyesuaian kurikulum dengan visi misi sekolah dan juga kebutuhan belajar siswanya nanti akan diperkuat lagi dengan fleksibilitas baik itu fleksibel gurunya, fleksibel muridnya, fleksibel sekolahnya yang jelas maksud dari pemerintah adalah memberi kebebasan berkreatifitas membeli kebebasan inovasi satuan pendidikan akan membuat keunikan Seperti apa, akan membuat kekhasan Seperti apa.

Misalnya sekolah yang di daerah agraris ingin memasukkan tentang pertanian, yang berbasis agama misal ada kitab kuning kajian-kajian pendalaman tentang agama dipersilakan Bagaimana sekolah itu menciptakan keunikan untuk sekolahnya masing-masing mengenai fleksibilitas bisa kita lihat di sini.

Struktur Kurikulum

struktur kurikulum saat ini itu mengunci jam pelajaran per minggu matematika kalau tiga jam ya tiga jam terus perminggu tiga jam tiga jam tiga jam tiga aja lah nanti di kurikulum baru ini meletakkan jam pelajaran itu pertahun bukan perminggu misalnya ekonomi kalau perminggu misalnya ada tiga jam jadi selama setahun ada 180 jam itu tidak harus dibagi per minggu 3 3 3 tidak tapi yang penting setahun itu 108 jam itu terpenuhi misalkan seperti ini di semester ganjil 3 jam semester genap 3 jam seperti di Kurikulum 2013 ini boleh atau semeseter ganjil 6 jam nanti di semester dua aau genap ekonomi tidak ada boleh atau semester pertama empat jam semester kedua dua jam boleh bebas memilih Bagaimana sekolah berinovasi ini bukan untuk mempersulit justru memberi ruang kepada sekolah yang terbiasa berinovasi.

Pemerintah menyediakan ruang Bagaimana sekolah itu berinovasi berkreatifitas Menyusun kerangka kurikulum di satuan pendidikannya masing-masing kemudian fleksibilitas yang kedua kerangka kurikulum saat ini mengunci tujuan pertahun adanya apa kelas 10 anak harus bisa ini kelas 11 anak harus bisa ini kelas 12 anak harus ini nah dikurikulum Prototipe tidak lagi per tahun tetapi per fase capaian pembelajaran disusun per fase bukan per tahun fasenya seperti apa bisa kita lihat di sini Bapak Ibu fase A itu kelas 1 dan kelas 2 SD fastback kelas 3 dan kelas 4 SD fase kelas 5 dan kelas 6 SD kemudian fase D itu tiga tahun di SMP fase E Untuk SMA kelas 10 dan fasa SMA kelas 11 dan 12 ini.

Kami beri contoh Bapak Ibu masalah di fase A siswa mampu membandingkan bilangan bilangan cacah sampai dengan 1000 karena di Fase A tadi ada kelas 1 dan kelas 2 SD maka sekolah fleksibel untuk memenuhi capaian pembelajaran ini boleh dicapai saat kelas satu Boleh dan boleh dicapai di kelas dua, boleh diajarkan di kelas 1 dan kelas 2 juga boleh yang jelas di akhir fase ketika anak sudah naik sudah selesai di kelas dua anak harus sudah bisa mencapai capaian pembelajaran ini begitu Bapak Ibu lagi tidak memberatkan.

Hanya menjadi opsional supaya bapak ibu guru terbiasa berinovasi dan berkreativitas nanti tentang capaian pembelajaran ini bisa Bapak Ibu download di deskripsi kami cantumkan yaitu Surat keputusan ini.

Apakah ada KKM di Kurikulum Merdeka?

kurikulum baru itu nanti tidak ada KKM Bapak Ibu karena pembelajaran akan disesuaikan dengan kebutuhan siswa aja tidak perlu lagi ada KKM dalam pembelajaran. kita diminta untuk berfokus pada prosesnya, memperbaiki formatif bukan hasil.

Guru diberi kebebasan untuk menentukan langkah yang tepat dan strategis sehingga hebat menjawab semua tantangan Dalam proses pembelajaran.

Bagaimana karakteristik kurikulum ini disetiap jenjang Bagaimana di PAUD Bagaimana di SD di SMP di SMA di SMK dan di SLB? 

Bagaimana karakteristik kurikulum ini di tingkat PAUD ?.

kegiatan bermain sebagai proses belajar yang utama Bapak Ibu boleh memperkenalkan angka boleh memperkenalkan bilangan huruf kepada anak didik boleh yang penting tidak boleh ada drilling penyampaiannya. 

literasi Dini itu nanti berbasis buku bacaan anak dan juga kegiatan bermain untuk belajar yang paling utama pendidikan di PAUD adalah difokuskan Bagaimana membentuk fondasi awal supaya anak-anak nanti siap untuk bersekolah dan untuk pembelajaran berbasis proyek nanti dari pemerintah bukan pertahun bukan persemester tapi dilakukan melalui festival dan perayaan hari besar.

Untuk tingkat SD bapak ibu pelajaran IPA dan IPS nanti akan digabungkan menjadi satu yang diberi nama pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan sosial) yang dimaksudkan agar menjadi fondasi awal siswa ketika belajar di SMA ke untuk materi IPA dan IPS nanti mulai diajarkan di kelas 3 SD

Ciri khas di SD anti adanya fleksibilitas pendekatan pengorganisasian pembelajaran artinya di Kurikulum 2013 bapak ibu harus memakai tematik nanti di kurikulum baru diberi fleksibilitas boleh memakai tematik atau boleh berbasis mata pelajaran, selanjutnya ketika SD jika sobat guru mau mengadakan mapel bahasa Inggris nanti sudah akan diakomodasi oleh pemerintah bahasa Inggris akan dijadikan mapel pilihan bukan lagi extrakurikuler implikasinya nanti pengajar bahasa Inggris sudah diakui jamnya di Dapodik dan yang terakhir untuk pembelajaran berbasis proyek ganti minimal dilakukan dua kali dalam setahun untuk tingkat SMP yang paling pokok adalah nanti mata pelajaran Informatika yang biasa kita kenal sebagai TIK komputer nanti akan menjadi pelajaran wajib.

Hal di era industri 4.0 ini penguasaan komputer Informatika sangat diperlukan makanya pemerintah mewajibkan kembali mata pelajaran Informatika.

Pembelajaran Berbasis Proyek

Untuk pembelajaran berbasis proyek nanti dilakukan minimal dua kali dalam setahun kita masuk ke tingkat SMA bapak ibu kami membagi menjadi dua karena memang di SMA ini ada dua fase kelas 10 serta nanti kelas tingkat atas untuk kelas 10 Nanti belum ada penjurusan dan peminatan artinya semua siswa nanti mengambil semua mata pelajaran wajib baik itu rumpun IPS maupun rumpun IPA dan di kelas 11 dan 12 nanti sekolah membuka minimal dua kelompok dari lima kelompok yang direkomendasikan oleh pemerintah.

Kalau dulu kita mengenal jurusan IPA IPS dan bahasa nanti ada lima pilihan ada IPA, IPS, Bahasa, budaya dan jurusan vokasi serta jurusan seni dan olahraga.

nanti sekolah bapak ibu minimal membuka dua kelompok yang kedua kalau tadi di kelas 10 siswa itu mengambil mata pelajaran wajib baik rumpun IPA dan IPS nanti di kelas 11 anak mengambil minimal dari dua rumpun tidak boleh satu rumpun tidak boleh IPA semua tidak boleh IPS semuanya dimaksudkan sesuai kebutuhan siswa sesuai minat siswa kalau anak punya rencana kuliah di Kedokteran maka Mapel apa yang harus diambil ketika mereka pingin kuliah menjadi guru apa yang harus diambil Jadi intinya nanti mata pelajaran pilihan yang diambil oleh siswa minimal dari dua rumpun.

Kemudian untuk pembelajaran berbasis proyek nanti dilakukan minimal tiga kali dalam satu tahun dan sebagai syarat kelulusan nanti peserta didik menulis essay ilmiah seperti skripsi tapi tingkatnya masih sederhana kita masuk ke tingkat SMA.

Struktur kurikulum nya lebih sederhana yaitu umum dan kejuruan dan untuk kelompok kejuruan nanti akan naik yang semula 60% menjadi 70% selanjutnya PKL menjadi mapel wajib dan dilaksanakan cukup panjang satu semester yaitu enam bulan.

Mata Pelajaran Di luar Program

yang terakhir siswa dapat memilih mata pelajaran diluar program pengetahuan mereka di luar jurusan yang mereka pilih dan untuk tingkat SLB sama seperti tingkat SMA pada umumnya namun ketika ada siswa yang memiliki hambatan intelektual nanti capaian pembelajarannya dibuat khusus menyesuaikan tingkat intelektual peserta didik tersebut kalau anak tidak memiliki hambatan intelektual maka capaian pembelajarannya mengikuti capaian pembelajaran reguler seperti yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Demikianlah postingan tentang Ringkasan Kurikulum Merdeka Detail dan Lengkap  semoga bisa langsung Paham sebagai Referensi Penerapan Kurikulum Merdeka kurikulum tahun 2022. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Kurikulum Baru 2022 | Ringkasan Kurikulum Merdeka, Detail dan Lengkap Auto Paham"