Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kegiatan Seru di Hari Pertama Masuk Sekolah Bersama Siswa Baru

 Kegiatan Seru di Hari Pertama Masuk Sekolah Bersama Siswa Baru
Sobat cara mudah berikut alternatif seru di hari pertama bersama siswa baru.

Hari pertama masuk kelas seringkali penuh dengan kegembiraan dan kecemasan. Permainan yang sederhana dan menyenangkan dapat membantu memecah kekakuan dan membangun suasana yang ramah di antara siswa. Berikut adalah beberapa contoh permainan yang dapat dilakukan di hari pertama masuk kelas:


1. Perkenalan Nama: Permintaan setiap siswa untuk memperkenalkan diri dengan menyebutkan namanya dan memberikan satu fakta menarik tentang dirinya. Ini membantu siswa saling mengenal satu sama lain.


2. Bola Salju Salam: Siswa berdiri dalam lingkaran. Sebuah bola salju imajiner dilemparkan dari satu siswa ke siswa lainnya sambil mengucapkan salam atau kata sapaan. Siswa yang menerima bola salju harus mengucapkan salam dan kemudian melemparkan bola salju ke siswa lain. Tujuannya adalah untuk menghafal nama-nama teman sekelas.


3. Jejak Karakter: Berikan setumpuk kartu dengan karakter atau sifat positif seperti "pemberani", "ramah", "kreatif", dll. Setiap siswa memilih sebuah kartu dan harus mencoba menemukan siswa lain yang cocok dengan sifat yang ada di kartunya. Mereka berdua kemudian berbagi mengapa mereka memilih karakter tersebut dan bagaimana sifat tersebut tercermin dalam diri mereka.


4. Peta Sifat: Gambar peta dunia di papan tulis atau kertas besar dan berikan set marker berwarna kepada siswa. Mintalah siswa untuk menuliskan sifat diri mereka atau sesuatu yang mereka sukai di negara atau wilayah yang mereka inginkan di peta. Setelah itu, mereka bisa berbagi mengapa mereka memilih lokasi tersebut dan apa hubungannya dengan sifat atau minat mereka.


5. Tebak Kata atau Acronym: Bagikan kata-kata atau singkatan yang terkait dengan topik yang akan dipelajari di kelas tersebut. Siswa harus mencoba menebak arti kata atau mencari kata yang sesuai dengan singkatan tersebut. Ini membantu memicu diskusi dan memperkenalkan istilah yang akan digunakan dalam pembelajaran.


Permainan-permainan ini bertujuan untuk memperkenalkan siswa satu sama lain, membangun kepercayaan, dan menciptakan lingkungan belajar yang positif. Selain itu, mereka juga dapat membantu siswa merasa lebih nyaman dan terlibat dalam proses pembelajaran di kelas.

CONTOHNYA:

Contoh dari Perkenalan Nama: Permintaan setiap siswa untuk memperkenalkan diri dengan menyebutkan namanya dan memberikan satu fakta menarik tentang dirinya. Ini membantu siswa saling mengenal satu sama lain:

Siswa pertama: "Halo semua, namaku Aisha. Fakta menarik tentangku adalah aku bisa berbicara empat bahasa!"


Siswa kedua: "Hai, namaku Ben. Fakta menarik tentangku adalah aku pernah memenangkan kompetisi renang regional."


Siswa ketiga: "Halo teman-teman, namaku Cindy. Fakta menarik tentangku adalah aku sangat suka memasak dan sering mencoba resep baru."


Siswa keempat: "Hai semua, namaku David. Fakta menarik tentangku adalah aku memiliki dua kucing peliharaan yang sangat lucu."


Siswa kelima: "Halo semuanya, namaku Elsa. Fakta menarik tentangku adalah aku suka bermain biola dan telah tampil di beberapa konser."


Siswa keenam: "Hai teman-teman, namaku Farhan. Fakta menarik tentangku adalah aku pernah mendaki gunung tertinggi di negara ini."


Siswa ketujuh: "Halo semua, namaku Gina. Fakta menarik tentangku adalah aku adalah juara lomba menari hip-hop di sekolahku."


Dengan permainan ini, setiap siswa memiliki kesempatan untuk memperkenalkan diri dan berbagi fakta menarik tentang dirinya. Hal ini membantu siswa saling mengenal satu sama lain dan membangun kedekatan dalam kelas.


contoh dari Bola Salju Salam: Siswa berdiri dalam lingkaran. Sebuah bola salju imajiner dilemparkan dari satu siswa ke siswa lainnya sambil mengucapkan salam atau kata sapaan. Siswa yang menerima bola salju harus mengucapkan salam dan kemudian melemparkan bola salju ke siswa lain. Tujuannya adalah untuk menghafal nama-nama teman sekelas


Mari kita gunakan contoh dengan enam siswa dalam kelas:


Siswa pertama (melemparkan bola salju imajiner): "Halo semua, salam kenal, namaku Aryan!"


Siswa kedua (menerima bola salju): "Halo Aryan! Salam kenal, namaku Bella!"


Siswa kedua (melemparkan bola salju imajiner): "Halo semua, salam kenal, namaku Bella!"


Siswa ketiga (menerima bola salju): "Halo Bella! Salam kenal, namaku Chris!"


Siswa ketiga (melemparkan bola salju imajiner): "Halo semua, salam kenal, namaku Chris!"


Siswa keempat (menerima bola salju): "Halo Chris! Salam kenal, namaku Dina!"


Dan seterusnya hingga semua siswa telah saling memperkenalkan diri.


Dalam permainan ini, bola salju imajiner digunakan untuk memperkenalkan diri dan mengucapkan salam kepada siswa lain. Setiap siswa yang menerima bola salju harus mengucapkan salam dan memperkenalkan diri sebelum melemparkan bola salju ke siswa berikutnya. Melalui permainan ini, siswa memiliki kesempatan untuk mengingat dan mengenal nama-nama teman sekelas dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.


contoh dari Jejak Karakter: Berikan setumpuk kartu dengan karakter atau sifat positif seperti "pemberani", "ramah", "kreatif", dll. Setiap siswa memilih sebuah kartu dan harus mencoba menemukan siswa lain yang cocok dengan sifat yang ada di kartunya. Mereka berdua kemudian berbagi mengapa mereka memilih karakter tersebut dan bagaimana sifat tersebut tercermin dalam diri mereka.

Berikut contoh permainan Jejak Karakter dengan empat siswa:


Siswa pertama (memilih kartu dengan sifat "pemberani"): "Saya memilih kartu pemberani. Saya merasa sifat ini mencerminkan diri saya karena saya suka mengambil risiko dan mencoba hal-hal baru. Misalnya, beberapa bulan lalu saya mendaftar dalam kompetisi pidato di sekolah dan meskipun saya agak gugup, saya berhasil tampil dengan baik."


Siswa kedua (memilih kartu dengan sifat "kreatif"): "Aku memilih kartu kreatif. Bagi saya, kreativitas adalah hal yang sangat penting. Saya senang melukis dan membuat karya seni dari barang bekas. Selain itu, ketika ada masalah, saya suka berpikir out of the box dan mencari solusi yang unik."


Siswa ketiga (memilih kartu dengan sifat "ramah"): "Kartu yang saya pilih adalah kartu ramah. Saya selalu berusaha untuk menjadi orang yang ramah dan membantu orang lain. Saya senang bergaul dengan teman-teman baru dan saya suka mengulurkan tangan jika ada yang membutuhkan bantuan di kelas atau di luar sekolah."


Siswa keempat (memilih kartu dengan sifat "bertanggung jawab"): "Saya memilih kartu bertanggung jawab. Saya merasa penting untuk selalu bertanggung jawab atas tugas-tugas saya dan memenuhi kewajiban saya sebagai siswa. Saya selalu berusaha untuk mengumpulkan pekerjaan tepat waktu dan membantu menjaga kebersihan dan kerapihan ruang kelas."


Dalam permainan Jejak Karakter ini, setiap siswa memilih sebuah kartu dengan sifat positif dan kemudian mencari siswa lain yang cocok dengan sifat tersebut. Setelah menemukan pasangan, mereka berbagi mengapa mereka memilih karakter tersebut dan memberikan contoh konkret bagaimana sifat tersebut tercermin dalam diri mereka. Hal ini memungkinkan siswa untuk saling mengenal lebih baik dan menghargai keunikan dan kebaikan satu sama lain.


contoh dari Tebak Kata atau Acronym: Bagikan kata-kata atau singkatan yang terkait dengan topik yang akan dipelajari di kelas tersebut. Siswa harus mencoba menebak arti kata atau mencari kata yang sesuai dengan singkatan tersebut. Ini membantu memicu diskusi dan memperkenalkan istilah yang akan digunakan dalam pembelajaran

Mari kita gunakan contoh tebak kata atau singkatan untuk topik sains dalam kelas:


1. Singkatan: DNA

   Tebakan: Asam Deoksiribonukleat

   Diskusi: DNA adalah molekul yang menyimpan informasi genetik dalam semua makhluk hidup. Ini terdiri dari dua untai polinukleotida yang membentuk struktur seperti tangga yang disebut double helix.


2. Singkatan: ATP

   Tebakan: Adenosin Trifosfat

   Diskusi: ATP adalah molekul energi yang digunakan dalam sel untuk menghasilkan energi yang diperlukan untuk reaksi biokimia. Ia terdiri dari adenin, ribosa, dan tiga gugus fosfat yang saling terikat.


3. Singkatan: RNA

   Tebakan: Asam Ribonukleat

   Diskusi: RNA adalah molekul yang terlibat dalam sintesis protein. Ia terdiri dari satu untai nukleotida yang memiliki urasil sebagai basa nitrogen yang menggantikan timin dalam DNA.


4. Singkatan: H2O

   Tebakan: Air

   Diskusi: H2O adalah rumus kimia untuk air. Air merupakan zat penting bagi kehidupan dan penting dalam berbagai reaksi biokimia. Ini terdiri dari dua atom hidrogen yang terikat dengan satu atom oksigen.


5. Singkatan: pH

   Tebakan: Potensi Hidrogen

   Diskusi: pH adalah ukuran keasaman atau kebasaan suatu larutan. Skala pH berkisar dari 0 hingga 14, di mana angka di bawah 7 menunjukkan keasaman, angka 7 adalah netral, dan angka di atas 7 menunjukkan kebasaan.


Dalam permainan ini, siswa akan mencoba menebak arti atau mencari kata yang sesuai dengan singkatan yang diberikan. Setelah tebakan mereka, diskusi dapat dimulai untuk memperkenalkan istilah dan konsep yang terkait dengan topik yang akan dipelajari dalam pembelajaran. Hal ini membantu siswa mengembangkan pemahaman mereka tentang istilah dan membuka pintu untuk pembahasan lebih lanjut dalam kelas.

Demikianlah sobat alternatif kegiatan dihari pertama masuk sekolah yang menyenangkan dan penuh inspirasi.




Posting Komentar untuk "Kegiatan Seru di Hari Pertama Masuk Sekolah Bersama Siswa Baru"