Cara Mengisi simpeg5.kemenag.go.id
Cara Mengisi simpeg5.kemenag.go.id
caramudah2020.blogspot.com, Bagi Bapak Ibu yang sedang mencari tata cara pengisian Simpeg5 baik untuk kepentingan Update Data Kepegawaian maupun untuk keperluan Kenaikan Pangkat, bapak ibu sudah berada di blog yang benar.
Pada Postingan ini caramudah2020.blogspot.com akan berbagi informasi cara mengisi simpeg5.kemenag.go.id mulai dari awal login sampai dengan Daftar Dupak untu kenaikan pangkat.
Sebagaimana kita ketahui bahwa system informasi pegawai versi 5 yang disingkat Simpeg5 ini merupakan penyempurnaan dari Simpeg sebelumnya, sehingga nantinya pada saat bapak ibu membuka atau masuk pada Laman simpeg5.kemenag.go.id bapak ibu akan menemukan sebagai data kepegawaian bapak ibu sudah ada.
Okey, sekarang kita mulai bagaimana masuk ke dalam simpeg5.kemenag.go.id
Pertama-tama, silakan bapak ibu buka Google, lalu ketik di pencarian simpeg5.kemenag.go.id, seperti contoh dalam gambar di bawah ini:
Kemudian Klik tulisan Profile yang
baru muncul, maka akan muncul tampilan
Setelah muncul data seperti ini,
silakan bapk ibu untuk cek data mulai dari:
Profil umum, riwayat pendidikan,
riwayat pekerjaan, riwayat tanda jasa, riwayat pengalaman, riwayat organisasi,
riwayat karya tulis, riwayat kinerja dan Daftar Penilaian Angka Kredit.
Apa yang kita lakukan setelah melihat data kepegawaian kita ?
Setelah melihat data kepegawaian kita, maka siapkan dulu file dalam bentuk File PDF untuk melengkapi data dalam Simpeg5.kemenag.go.id pada menu-menu yang sudah bapak ibu lihat sebelumnya. termasuk data untuk kenaikan pangkat jika ingin usul naik pangkat, terutama untuk kenaikan pangkat ke IV/b.
Nah pada kesempatan ini, agar pembahasannya lebih lengkap, maka caramudah2020.blogspot.com akan membahas untuk kenaikan pangkat ke IVb.
Data apa yang perlu disiapkan untuk kenaikan pangkat dari IVa ke IVb.
File PDF Yang perlu disiapkan untuk kenaikan pangkat ke IVb di Simpeg5.kemenag.go.id adalah:
1.
SK Pangkat Terakhir (SK PANGKAT IV/a)
2.
SK PAK Terakhir (SK PAK IV/a)
3.
SKP 2 Tahun Terakhir
4.
PK Guru atau PK Jabatan mulai Penilaian Angka Kredit yang diusulkan
5.
Laporan Pengembangan Diri berupa Diklat yang diselenggarakan oleh Balai
Diklat Keagamaan per Tahun
6.
Laporan pengembangan Diri selain berupa workshop, pelatihan, seminar
dan lainnya yang diikuti secara mandiri maupun kelembagaan di luar yang
dilaksanakan oleh Balai Diklat keagamaan, juga dibuat pertahun
7.
Laporan Publikasi Ilmiah, Berupa PTK, artikel Jurnal, Buku Guru, Karya
Inovatif dan lainnya dibuat sesuai jenis dan tahun
8.
Satyalencana, baik 10, 20 maupun 30 tahun sesuai yang dimiliki
9.
Ijazah terakhir, Akta IV dan Transkrip Nilai, jadi satu file, jika ada
ijin belajar juga digabungkan
10.
Laporan Unsur Penunjang Berupa organisasi yang diikuti di buat per
tahun
11.
Rekap DUPAK mulai Tahun di usulkan sampai tahun terakhir, dibuat
pertahun kemudian digabungkan menjadi 1 file.
Untuk ukuran file dapat dilihat langsung pada menu Upload tiap dokumen.
Kemudian dimana lokasi Upload dari file-file tersebut?
Sebelum bapak ibu Upload file-file pdf pastikan fiel pdf yang discan adalah File asli bukan Photo Copinya dan jika yang ada hanya photo copynya maka pastikan sudah dilegalisir sebelum di Scan menjadi file PDF.
Pastikan juga semua bentuk Laporan Pengembangan diri, Publikasi Ilmiah dan Unsur penunjang semua sudah ditanda tangani dan distempel sebelum diupload.
Adapun bagaimana cara mengubah file gambar, File Ms. Word, File Ms. Excel menjadi PDF akan kami ulas di Postingan yang lainnya, atau bapak ibu bisa lihat di sini.
Dimana tempat Upload 11 File PDF yang sudah disiapkan?
Untuk Upload File PDF yang sudah disiapkan kita mulai saja dari
menu RIWAYAT PENDIDIKAN.
Okey silakan klik menu RIWAYAT PENDIDIKAN maka akan muncul tampilan:
Pada menu ini ada 2 Sub-Menu yaitu Pendidikan dan Diklat
Pada Menu Pendidikan, bapak ibu
diminta untuk Upload File PDF Ijazah terakhir, Akta IV dan Transkrip Nilai
termasuk jika mempunyai Ijin belajar.
Caranya:
Klik menu Upload Ubah (yang berwarna) Hijau, maka akan tampilanSilakan bapak ibu lengkapi datanya
sesuai Ijazah Terkahir bapak ibu dan upload filenya, jika filenya terlalu
besar, maka harus dicompres (kecilkan), untuk mengecilkan ukuran file Pdf bapak
ibu bisa membaca postingan tentang mengecilkan ukuran file PDF di sini.
Setelah berhasil mengupload Ijazah terakhir, kemudian klk Sub-Menu Diklat. Maka akan tampilan
Silakan diisi sesuai data diklat dan
upload sertifikat dan laporannya. Sertifikat dan dan laporannya jadi satu file,
untuk mengetahui bagaimana cara menggabungkan file file PDF bisa bapak ibu baca
pada postingan cara mudah menggabungkan file PDF.
CATATAN PENTING:
Pada menu diklat ini yang diupload
hanya Diklat yang dilakukan oleh Balai Diklat kementrian Agama untu sertifikat
dan laporan pengembangan diri lainnya bukan di menu ini.
Selanjutnya kita klik Menu Riwayat Pekerjaan
Pada Menu ini jika diklik kita akan
mendapati 2 Sub menu, yaitu Sub Menu Pangkat dan Sub Menu Jabatan.
Klik menu Pangkat, maka akan muncul tampilan:
Pada bagian ini, klik menu ubah pada pangkat terakhir akan mencul tampilan:
Lengkapi data yang kosong saja dan
upload File PDF SK Pangkat Terakhir.
Kemudian lanjutkan dengan Klik Sub Menu jabatan, akan muncul tampilan:
Pada bagian ini, isi data termasuk
nilai PAK terakhir, ada 2 file yang diupload, SK Pangkat Terakhir dan SK PAK
terakhir.
Selanjutnya klik Menu Riwayat Tanda Jasa.
Akan muncul Tampilan:
Isi data dan masukkan File PDF Tanda
Jasa Satyalencana.
Selanjutnya klik menu Riwayat Pengalaman, pada menu ini ada tigas Sub Menu, yaitu Sub Menu Luar negeri, Sub Menu Konferensi/ Seminar/ Lokakarya /Simposium dan Sub menu Kegiatan Profesional/PKM.
Silakan klik menu Tambah Pengalaman, akan muncul Tampilan:
Silakan pilih jenis pengalaman dan
masukkan file PDFnya, di sini yang dimasksud pengalaman adalah
Sertifikat/Piagam dan Laporan pengembangan Diri selain Diklat yang dilakukan
oleh Balai DIklat Keagamaan, dibuat Pertahun dan terdiri dari 1 File dan
diupload per Tahun ya….
Selanjutnya Klik Menu Riwayat Organisasi, pada menu ini ada tiga menu, yaitu Sub Menu Sekolah, Sub Menu Perguuan Tinggi dan Sub Menu Pekerjaan.
Silakan klik tombol Tambah Organisasi akan muncul tampilan:
Pada bagian ini, silakan pilih da nisi
datanya kemudian upload Laporan Unsur Penunjang yang terdiri dari Pengalaman
Organisasi, misalnya PDF Kartu PGRI dan Laporan Unsur Penunjangnya. Dibuat pertahun
atau langsung sesuai masa jabatan, disarankan per Tahun.
Selanjutnya klik menu Riwayat Karya Tulis, akan muncul Tampilan:
Silakan dipilih da nisi serta upload
file PDF Publikasi Ilmiah, sesuaikan jenisnya apakah Artikel, buku, Laporan PTK
maupun Karya Inovatif. Upload berdasarkan Tahun dan Jenis Publikasi Ilmiah.
Setelah diupload semua lanjutkan dengan klik menu Riwayat Kinerja, akan muncul tampilan:
Jika belum ada keterangan SKP yang masuk maka klik Tambah SKP, akan muncul tampilan:
Silakan diisi dan upload File PDF SKP
sesuai Tahun yang diisi, paling tidak 2 SKP terakhir.
Kemudian Klik PKG/PKP, akan muncul Tampilan:
Silakan klik tombol Tambah PKG/PKP, maka akan muncul tampilan:
Silakan isi mulai dari Tahun PGK/PKP
yang belum di nilai, masa penilaian terakhir bisa di lihat di SK PAK Terakhir,
dimasukkan satu-satu, satu tahun 1 file, ingat file yang dimasukkan bukan hanya
rekap tapi juga dilengkapi instrument penilaian yang sudah ditanda tangani dan
distempel.
Setelah itu semua sudah diisi, biasanya akan muncul tanda warna pink pada tiap-tiap Riwayat menunjukkan bahwa apa yang kita isi sudha masuk dan menunggu persetujuan (status: Tunggu), nantinya setelah tim Kabupaten menyetujui, maka tanda angka berwarna pink pada setiap riwayat akan hilang dan saatnya untuk Daftar Dupak. Caranya:
Klik menu Daftar Penilaian Angka Kredit, akan muncul Tampilan:
Ingat bagian ini bisa diisi jika semua
yang kita upload sudah diterima/setujui dan tidak ada yang berstatus tunggu.
Untuk mengisi ini yang diperlukan File
PDF surat pengantar dari Kabupaten dan rekap Dupak seluruh Dupak yang kita buat
pertahun, dijadikan 1 file. Perhatikan ukuran maksimal file akar tidak tertolah
oleh system.
Cara daftarnya klik daftar (gambar ada 3 orang dibawah kolom aksi) , jika diklik akan muncul tampilan:
Silakan pilih baru untuk pertama kali
daftar dan pilih Perbaikan jika pernah mengajukan dan diminta memperbaiki,
selanjutkan upload surat pengantar dan Rekap DUPAK, jika berhasil maka tidak ada
lagi warna Pink dan berubah jadi warna hijau dengan tanda ceklis buka silang
(x).
Sampai di sini tugas bapak ibu dalam usul Naik pangkat Sudah selesai, tinggal tugas Kanwil untuk melanjutkan ke Pusat, nantinya jika ada perbaikan akan dihubungi dan jika lolos akan menerima SK Kenaikan pangkat 4b.
Demikianlah cara mudah mengisi Simpeg5.Kemenag.go.id, semoga bisa difahami, utk melihat penjelasannya dapat dilihat melalui cahnnel Youtube www.youtube.com/c/caramudah1220.
Semoga bermanfaat. Salam admin/dirm
Baca Juga:
Posting Komentar untuk "Cara Mengisi simpeg5.kemenag.go.id"
Silakan berkomentar yang santun