Fase Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka
Pada postingan ini Cara Mudah kembali menjawab pertanyaan sobat guru tentang Fase Capaian Pembelajaran, yang biasanya terdapat pada salah satu Komponen yang ditulis pada Modul Ajar Kurikulum Merdeka. Apa itu Fase Capaian Pembelajaran (CP) , ada berapa Fasenya dan bagaimana pembagiannya akan dibahas secara tuntas pada artikel ini.
Guna mendapat pemahaman yang utuh dan menghindarkan dari kesalahfahaman pembahasan tentang fase capaian pembelajaran Kurikulum Merdeka akan dimulai dari pengertian capaian pembelajaran, penggunaan capaian pembelajaran untuk menyusun alur tujuan pembelajaran dan modul ajar.
Harapannya sobat memahami cara menggunakan capaian pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka.
Kita mulai dengan pertanyaan pemantik:
Bagaimana menggunakan capaian pembelajaran untuk menyusun alur tujuan pembelajaran dan modul ajar?
Jika dianalogikan dengan sebuah perjalanan berkendara, CP memberikan tujuan umum dan ketersediaan waktu untuk mencapainya (fase).
Untuk mencapai tujuan tersebut, setiap pengemudi memiliki kebebasan untuk memilih jalur, cara, dan alat untuk menempuh perjalanan tersebut, yang disesuaikan dengan titik keberangkatan, kondisi, kemampuan, dan kecepatan masing-masing.
Dalam mencapai CP, kita perlu membangun kompetensi untuk melakukan perjalanan tersebut agar tiba di tujuan pada waktu yang ditentukan. Setiap satuan pendidikan dipersilakan mengatur strategi efektif untuk mencapai CP, sesuai dengan kemampuan dan potensinya.
Garis finish CP ada di akhir kelas 12. Untuk mencapai garis finish tersebut, pemerintah membuatnya ke dalam 6 etape yang disebut fase. Setiap fase lamanya 1-3 tahun.
Penggunaan istilah “fase” dilakukan untuk membedakannya dengan kelas karena peserta didik di satu kelas yang sama bisa jadi belajar dalam fase pembelajaran yang berbeda.
Fase memberikan keleluasaan dan keadilan bagi guru dan siswa untuk menyesuaikan rancangan pembelajaran dengan tahapan perkembangan, kemampuan, minat, konteks, dan kecepatan belajar siswa (Teaching at The Right Level).
Untuk mencapai tujuan tersebut, Pemerintah menetapkan Kerangka Dasar Kurikulum yang terdiri dari Struktur Kurikulum, Capaian Pembelajaran, dan Prinsip Pembelajaran dan Asesmen.
Pengertian Capaian Pembelajaran
“Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase, dimulai dari Fase Fondasi pada PAUD. Untuk Pendidikan dasar dan menengah, CP disusun untuk setiap mata pelajaran.”
Sumber: Keputusan Menteri Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran.
Pemerintah hanya menetapkan tujuan akhir per fase (CP) dan waktu tempuhnya (fase). Satuan pendidikan memiliki keleluasaan untuk menentukan strategi dan cara atau jalur untuk mencapainya. Agar bisa menentukan strategi yang sesuai, kita perlu tau titik awal keberangkatan para peserta didik.
Dengan penggunaan Fase, diharapkan siswa akan dapat memiliki waktu lebih panjang untuk memahami dan mendalami konsep-konsep dan keterampilan untuk mencapai sebuah kompetensi yang dibangun CP.
Sistematika Capaian Pembelajaran
Rasional
Alasan mempelajari mapel tersebut keterkaitan antara Mapel dengan salah satu (atau lebih) Profil Pelajar Pancasila
Tujuan
Kemampuan yang perlu dicapai pelajar setelah mempelajari mata pelajaran tersebut
Karakteristik
Deskripsi umum tentang apa yang dipelajari dalam mata pelajaran Elemen-elemen (strands) atau domain mata pelajaran serta deskripsinya
CP
Kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase. Dibuat dalam bentuk pernyataan yang disajikan dalam paragraf yang utuh.
Dibuat dalam bentuk matriks. Setiap elemen dipetakan menurut perkembangan siswa
Klasifikasi Taksonomi Bloom
Bentuk Pemahaman dalam CP
Identifikasi hasil yang diinginkan - CP, TP, dan ATP
Bagaimana penggunaan CP pada satuan pendidikan?
Capaian Pembelajaran Pendidikan Khusus (Diksus)
Untuk SLB Capaian Pembelajaran didasarkan pada usia mental yang ditetapkan berdasarkan hasil asesmen
Contoh Capaian Pembelajaran: Seni Rupa
Pengertian Kompetensi dalam Capaian Pembelajaran
Contoh Bentuk Pemahaman Dalam CP Matematika Fase B elemen Bilangan
Penjelasan
Aplikasi
Interpretasi
Perspektif
Bagaimana menggunakan CP ke dalam pembelajaran di kelas?
CP diturunkan ke alur dan tujuan pembelajaran, selanjutnya dikembangkan menjadi modul ajar.
Pendidik memiliki keleluasaan untuk membuat sendiri, memilih, dan memodifikasi modul ajar yang tersedia sesuai dengan konteks, karakteristik, serta kebutuhan peserta didik.
Pemerintah menyediakan contoh-contoh modul ajar yang dapat dijadikan inspirasi untuk satuan Pendidkan.
Demikian pembahasan tentang Fase Capaian Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka, semoga pembahasan ini memberikan gambaran apa dan bagaimana capaian pembelajaran agar dalam pembuatan Modul maupun penggunaannya di sekolah maupun dikelas dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Semoga bermanfaat.
Posting Komentar untuk "Fase Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka"
Silakan berkomentar yang santun